KUNJUNGAN SISWA-SISWI SMK PERTIWI BALIKPAPAN KAMIS, 23 FEBRUARI 2017
Bapak Agustian (Kasi Observasi dan Peralatan) memberikan pengarahannya

Kamis 23 Februari 2017, sebanyak 32 murid siswa dan siswi SMK Pertiwi Balikpapan dengan 2 orang guru pendamping mengadakan kunjungannya ke Stasiun Meteorologi Sepinggan Balikpapan di kantor Operasional. Disambut ramah langsung oleh Kepala Seksi Observasi dan Peralatan, Bapak Agustian Nugraha, SP yang sekaligus memberikan pengarahan singkat tentang BMKG Balikpapan terutama Stasiun Meteorologi Balikpapan.

Murid-murid SMK Pertiwi ini semuanya adalah murid kelas X jurusan TKJ atau Teknik Komputer dan Jaringan. Informasi yang diberikan oleh kedua guru pendamping bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari kurikulum sekolah tentang pengetahuan Meteorologi yang termasuk dalam mata pelajaran IPA disekolahnya. Murid-murid diajak mengenal tentang seperti apa cuaca dan mengetahui lebih jauh tentang peran BMKG di masyarakat, khususnya di kota Balikpapan itu sendiri.

 

 

 

 

Koordinator Forecaster, Bapak Samriyanto ST menjelaskan pelayanan yang diberikan BMKG Balikpapan selain untuk penerbangan juga informasi publik, klimatologi dan maritim. Kondisi cuaca di balikpapan juga masih berpeluang hujan hingga pertengahan juli yang memasuki musim kemarau berdasarkan prakiraan musim di balikpapan.

 

 

Pengamatan parameter cuaca juga diperkenalkan kepada murid oleh Ibu Endang selaku Observer di Stamet Balikpapan. Bu Endang memberikan pemahaman tentang pentingnya data-data yang diamati untuk kepentingan penerbangan dan klimatologi. Banyak pertanyaan yang diajukan oleh murid-murid tentang berbagai fenomena cuaca yang sering terjadi di balikpapan.

 

 

Tidak lepas masalah peralatan dan jaringan di BMKG yang menjadi perhatian para murid, bagaimana pengamatan digital bisa dilakukan, bagaimana pertukaran data dan pengolahannya menjadi pertanyaan yang paling banyak dituju. Bagaimana Radar cuaca dapat mendeteksi awan, bagaimana Citra satelit bisa didapat, para murid sangat tertarik untuk mempelajarinya lebih jauh lagi sesuai dengan bidangnya.

 

 

Murid-murid juga diajak berkunjung ke taman alat meteorologi untuk melihat peralatan pengamatan yang telah dijelaskan diruangan sebelumnya. Penjelasan dan pertanyaan silih berganti dilontarkan oleh murid dan dijawab dengan bahasa yang dapat dengan mudah mereka pahami.

 

 

 

Terakhir adalah sesi foto bersama dengan seluruh pegawai Stasiun Meteorologi Balikpapan yang sedang bertugas bersama seluruh murid dan guru pendamping. Kedepannya akan ada kunjungan kedua dari jurusan Multimedia SMK Pertiwi ke Stamet Balikpapan kembali.

 

 

Teknisi.

KUNJUNGAN SISWA-SISWI SMK PERTIWI BALIKPAPAN KAMIS, 23 FEBRUARI 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *